Tips Mengidentifikasi Bisnis Online Yang SCAM

Dunia bisnis online memang lumayan menjanjikan, dari program bisnis online yang membayar sampai yang scam pun juga ada. Bukanlah sesuatu yang menyenangkan apabila kita secara tidak sengaja mendapati bisnis online yang kita ikuti ternyata adalah SCAM/ penipuan, lalu bagaimana tips untuk terhindar dari situs bisnis online yang scam?.
Banyak sekali jumlah situs yang memberikan kita peluang untuk berbisnis online, misalnya saja google adsense, idblognetwork, kliksaya, kumpulblogger, infolinks, amazon, adsensecamp, chitika, neobux, TLA, blogvertise, adbrite, bidvertiser, smowtion, cpxinteractive, tribalfusion, microworkers, ziddu wahhh pokoknya banyak deh. Bahkan program-program yang dapat kita ikuti memiliki macam-macam jenis metode dalam memperoleh earning seperti PTC, PPC, PTR dsb.

Situs-situs bisnis online yang saya sebutkan diatas merupakan beberapa contoh dari program bisnis online yang terbukti membayar, setidaknya sampai dengan artikel ini ditulis, Ok, saya lanjutkan lagi pertanyaan yang ada pada dibagian awal tadi, bagaimana tips untuk terhindar dari situs bisnis online yang scam?. Mungkin kita tidak akan terhindar 100% dari SCAM, namun paling tidak kita dapat meminimalisir resiko terkena scam ketika kita mengikuti bisnis online. Ok, Berikut tips-tips yang biasa saya gunakan:

  1. Cek terlebih dahulu ke mbah Google dengan kata kunci “website scam”, kata “website” diganti dengan nama situs yang anda sedang investigasi. Silahkan lihat hasil pencarian yang berupa artikel, posting forum dsb, dan jangan lupa lihat tanggal posting tulisan tersebut, usahakan cari postingan yang waktu postingnya tidak terlalu berbeda jauh dengan waktu sekarang.
  2. Cek pagerank, semakin tinggi pagerank suatu situs maka keberadaannya akan dapat semakin dipercaya, gunakan tool pagerank checker kepercayaan anda.
  3. Cek alexa rank. Logikanya, apabila seseorang sering datang ke suatu website untuk login dan melihat hasil Earning yang diperoleh maka akan semakin tinggi juga kunjungan pada situs tersebut dan pastinya akan tinggi juga alexa rank nya, TAPI… cara seperti ini belum tentu bisa dilakukan terhadap semua situs, kadang ada situs yang membuat halaman yang berisi informasi webnya misalnya di domain1.com, dan halaman loginnya di domain2.com, secara otomatis orang akan lebih sering datang ke domain2.com dibanding domain1.com, namun cara yang nomor 3 ini bisa juga dijadikan sebagai bahan investigasi.
  4. Digunakan oleh situs-situs besar. Cara ini yang paling mudah, misalnya saja adhitz.com atau clicksor.com atau blueadvertise  yang digunakan oleh indowebster.com, maka dengan ini sudh terbukti bahwa situs sekelas indowebster mau menggunakan jasa mereka (adhitz.com atau clicksor.com).
  5. Pendapatan yang diperoleh masuk akal. Misalnya saja ada situs PTC /paid to click (bukan PPC/paid per click ya) yang memberikan harga perkliknya sebesar $1, dan biasanya situs-situs PTC hanya berani memberikan harga $0,01 perklik, maka dengan adanya kejanggalan earning ini sudah dapat dipastikan kita harus waspada berurusan dengan situs seperti ini.
  6. Desain situs yang tidak professional. Kadang ada beberapa situs bisnis online yang memiliki desain situs kurang atau bahkan tidak professional, nah berhati-hatilah mengikuti situs bisnis online seperti ini. Note: namun kadang ada situs bisnis online yang sudah dapat dipercaya namun desainnya masih juga kurang professional, namun sangat jarang kita temui.
  7. Coba hubungi supportnya, jika support/ Customer service nya tidak memberikan respon berarti si CS nya kurang professional. Pastinya hal ini tidak mungkin terjadi jika suatu situs memiliki CS yang baik, namun yang perlu diperhatikan adalah, email yang kita kirim ke support mereka haruslah merupakan sesuatu yang penting, karena ada beberapa CS yang enggan menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang tidak berbobot, misalnya saja pertanyaan yang sudah ada di FAQ (Frequently Ask Question).
Hal-hal diatas adalah tips-tips yang saya gunakan untuk menghindari adanya SCAM terhadap situs bisnis online yang saya ikuti, namun memang bukannya 100% kita dapat terhindar dari SCAM, tapi paling tidak metode yang ada diatas tadi dapat meminimalisirkan kita menjadi korban SCAM.

sumber :
http://www.hasiaulia.net
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFO BISNIS SCAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger