Waspada, Penipuan Tiket Murah Pesawat di Internet


Jajaran Polres Depok berjanji akan mengungkap kasus penipuan secara online dengan kerugian mencapai Rp 600juta. Sejak Januari hingga Juni 2012, Polres Depok telah menerima laporan dari para korban penipuan, tercatat hingga 74 kasus.

Kasus paling menonjol, yakni penipuan {online} pembelian tiket pesawat. Modus yang dilakukan, pelaku mengirimkan pesan melalui surat elektronik atau surel (email) kepada korban-korbannya dengan menawarkan tiket perjalanan luar kota. Tergiur dengan harga yang ditawarkan, para korban kemudian langsung memesan tiket.

"Korban mentransfer sejumlah uang ke rekening yang tertera pada email. H-3 keberangkatan, baru diketahui kalau ternyata tidak ada pemesanan atas nama yang bersangkutan, korban ingin mengajak 40 karyawan ke luar Jawa, kerugian mencapai Rp 600 juta," kata Kapolres Depok Kombes Pol Mulyadi Kaharni, Kamis (7/6/2012).

Elvira Lawadjo (32) salah satu korban mengaku telah mentransfer uang ke rekening Bank BNI sebesar Rp 625.000 karena tergiur promo tiket dari sebuah email yang diterimanya. Dalam isi email tertera penawaran tiket ke Gorontalo dengan harga murah.

Korban lainnya, Patta Raga juga tergiur saat mendapat email yang menawarkan tiket ke Makasar seharga Rp485.000. Kerugian yang diderita Patta mencapai Rp50 juta. "Korbannya melapor ke Polresta Depok. Kami masih menyelidiki kasus ini," tegas Mulyadi.

Pihaknya mengimbau kepada warga yang menerima pesan elektronik ataupun pesan singkat melalui telefon genggam agar tidak tergiur dengan promo yang ditawarkan pihak tak dikenal. "Harus ditelusuri lebih lanjut. Jangan hanya tergiur tiket murah lalu dengan mudahnya mentransfer uang," ujarnya.

source: http://jakarta.okezone.com
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFO BISNIS SCAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger